This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nurcholis, Dani (2016) Manajemen pendidikan multikultural : studi implementatif manajemen pendidikan multikultural di SMP Tumbuh Yogyakarta. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (635kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (304kB) | Preview |
Abstract
Implementasi manajemen pendidikan multikultural adalah hal yang penting, yang harus diperhatikan di sekolah – sekolah dan negara. Hal ini dikarenakan kondisi negara yang beragam suku, agama, bahasa dan budaya memiliki potensi kekayaan sekaligus permasalahan yang akan muncul karenanya.
Masalah – masalah yang terkait dalam pengkajian ini berkaitan dengan fungsi – fungsi manajemen pendidikan multikultural, sebagai bahan pertimbangan pihak – pihak yang berperan. Aspek – aspek yang menjadi fokus adalah: (1) Bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam manajemen pendidikan multikultural?, (2) Bagaimana planning (perencanaan) dalam implementasi manajemen pendidikan multikultural?, (3) Bagaimana actuating (pelaksanaan) dari manajemen pendidikan multikultural?, (4) Bagaimana evaluating (evaluasi) dari manajemen pendidikan multikultural?
Untuk menjawan ketiga permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilaksanakan dengan (1) Wawancara, (2) Observasi, (3) dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara: (1) Editing, (2) Pengorganisasian data, (3) Analysing, (4) Reduksi data. Sedangkan untuk mendapatkan keabsahan data dilakukan uji coba kredibilitas dengan cara: (1) Ketekunan pengamatan, (2) Triangulasi.
Dari temuan penelitian dan pembahasan skripsi ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Kepemimpinan kepala sekolah adalah visioner, Memikirkan strategi pencapaiannya, dan Menganalisis kemampuan lembaga, (2) Perencanaan kepala sekolah SMP Tumbuh, berawal dari analisa kebutuhan, mempunyai tujuan dan target yang jelas, dan analisis yang mendalam dalam menentukan prioritas, (3) Actuating (pelaksanaan) meliputi pengelolaan tenaga kependidikan dengan baik, menggunakan kombinasi kurikulum KTSP dan khusus sekolah, pengelolaan keuangan yang baik, dan menanamkan nilai – nilai toleransi (4) Evaluasi di SMP Tumbuh berjalan baik dengan adanya standar mutu dan tujuan yang jelas.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan | ||||||||
Keywords: | Pendidikan; Manajemen; Multikultural; Pendidikan Multikultural | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | Unnamed user with email daninurcholis96@gmail.com | ||||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2016 03:28 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jan 2020 07:46 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5632 |
Actions (login required)
View Item |