KORELASI KEIKUTSERTAAN SISWA BELAJAR DI MADRASAH DINIYAH DENGAN PRESTASI BELAJAR FIQIH KELAS VIII MTs. BABUSSALAM KALIBENING MOJOAGUNG JOMBANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafi’uddin, Ahmad (2014) KORELASI KEIKUTSERTAAN SISWA BELAJAR DI MADRASAH DINIYAH DENGAN PRESTASI BELAJAR FIQIH KELAS VIII MTs. BABUSSALAM KALIBENING MOJOAGUNG JOMBANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Madrasah Diniyah juga merupakan bagian dari jalur pendidikan yang sudah ditetapkan sebagai pendidikan Formal. Sebagaimana terdapat dalam PP. No. 55 tahun 2007 pasal 15, bahwa Madrasah diniyah atau Pendidikan diniyah formal menyelenggarakan pendidikan ilmu-ilmu yang bersumber dari ajaran agama Islam pada jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.
Prestasi belajar merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar mengajar, karena kegiatan belajar merupakan proses, sedangkan prestasi merupakan hasil dari proses belajar. Prestasi belajar adalah Hasil dari suatu proses belajar.
Variabel dalam penelitian ini adalah: kegiatan diniyah sebagai variabel X atau variabel bebas dan Prestasi Belajar fiqhkelas VIII di MTs Babussalam sebagai variabel Y atau variabel terikat. Penelitian ini adalah penelitian sampel karena dilaksanakan dengan menggunakan sebagian siswa MTs Babussalam sebagai sampelnya yaitu sejumlah 46 siswa yang diambil secara acakatau random sampling. Dalam penelitian ini, uji validitas dilakukan secara berurutan penulis menggunakan product moment.
Dari hasil analisis data, penulis menarik kesimpulan sebagai berikut : [1] Berdasarkan hasil angket tentang kegiatan diniyah yang peneliti sebarkan, diperoleh nilai rata-rata sebesar87 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan diniyah di MTs Babussalam Tahun Pelajaran 2013/2014 adalah sangat tinggi. [2] Berdasarkan hasil daftar kumpulan nilai (DKN) prestasi belajar fiqh siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 89 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa MTs Babussalam Tahun Pelajaran 2013/2014 adalah sangat tinggi.[3] Berdasarkan hasil uji signifikansi menggunakan Uji T diperoleh Thitung sebesar 4,146 dan Ttabel sebesar 0,297. Jadi Thitung Ttabel. Karena Thitung lebih besar dari Ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkanbahwa: “Ada hubungan yang signifikan antara kegiatan diniyah dengan prestasi belajar fiqh kelas VIIIdi MTs. Babussalam Kalibening Mojoagung Jombang”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Anwar Rasjid
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafi’uddin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Madrasah Diniyah; Fiqh; Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2015 08:37
Last Modified: 10 Feb 2015 08:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item View Item