Tahlilul Al Akhtho'annahwiyah Lada Thulab Al Madrasah Al Islamiyah Al Hukumiyah Rejoso Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Efendy, Mohammad Muslih (2016) Tahlilul Al Akhtho'annahwiyah Lada Thulab Al Madrasah Al Islamiyah Al Hukumiyah Rejoso Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (916kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (866kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

مستخلص البحث
ABSTRAK
التحليل الأخطاء النحوية لدى طلاب المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية فترنجان جومبانج
(Analisis Kesalahan Nahwu Dalam Tulisan Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Rejoso Jombang)

Ilmu nahwu adalah suatu ilmu disiplin untuk memahami kaidah-kaidah Bahasa Arab bentuk kata dan keadaan-keadaannya ketika masih satu kata (Mufrod) atau ketika sudah tersusun (Murokkab). Termasuk didalamnya adalah pembahasan Shorof. Karena Ilmu Shorof bagian dari Ilmu Nahwu, yang ditekankan kepada pembahasan bentuk kata dan keadaannya ketika mufrodnya.
Tujuan pembahasan ini adalah peneliti mengetahui kesalahan-kesalahan nahwu pada tulisan siswa-siswa serta membenahinya. Kemudian peneliti bisa memberikan informasi kepada guru bahasa arab di sekolah tersebut, sehingga guru mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa-siswi didiknya dan bisa menjadikan tolak ukur materi selanjutnya.
Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif dengan cara menganalisis kesalahan dengancara mengumpulkan data dari tulisan bebearapa siswa untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang terdapat pada tulisan-tulisan tersebut. Langkah-langkah dalam menganalisis kesalahan adalah pertama mengumpulkan data lembar tulisan siswa-siswa, kedua mengidentifikasi kesalahan, ketiga menjelaskan kesalahan, keempat mengevaluasi kesalahan.Dari analisis yang telah diteliti oleh peneliti, terdapat kesimpulan berikut :1. Terdapat kesalahan-kesalahan nahwu dalam tulisan siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Rejoso Jombang, yaitu jumlah idhofah, maf’ul bih, khobar, mubtada’,atof, jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah. 2. Kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa-siwi adalah kesalahan dalam i’rob dan tarkib idhofa. 3. Penyebab kesalahan dari mereka adalah ketidak tahuan pada kaidah-kaidah nahwu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Efendy, Mohammad Muslih-72121287
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisoridris, nasrudin--
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: efendy mohammad muslikh
Date Deposited: 16 Mar 2016 01:38
Last Modified: 12 Nov 2019 06:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6000

Actions (login required)

View Item View Item