Peningkatan kemampuan memahami materi Asma Al-Ayyam pada mata pelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan strategi Card Sort Siswa Kelas I MI Al-Asyhar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maula, Minchatul (2016) Peningkatan kemampuan memahami materi Asma Al-Ayyam pada mata pelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan strategi Card Sort Siswa Kelas I MI Al-Asyhar Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang ditemukan bahwa pada proses belajar mengajar bahasa arab di MI Al-Asyhar Gresik, guru berperan aktif dalam pembelajaran, siswa terlihat kurang aktif dan kurang tertarik terhadap mata pelajaran bahasa arab. Untuk itu diperlukan strategi yang tepat agar siswa dapat aktif di kelas dan mudah memahami materi yang diajarkan dengan mennggunakan strategi Card Sort.
Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan strategi card sort dalam materi asma al-ayyam mata pelajaran bahasa Arab pada siswa kelas I MI Al-Asyhar Gresik? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman dalam materi asma al-ayyam mata pelajaran bahasa arab melalui strategi card sort pada siswa kelas I MI Al-Asyhar Gresik?
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model PTK Kurt Lewin. Pada setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observing), dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) penerapan strategi Card Sort berjalan dengan baik melalui perbaikan-perbaikan pada setiap siklus. Dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh prosentase 60% dengan kriteria baik, siklus II diperoleh prosentase 81,48% dengan kriteria baik sekali, dan pada siklus III diperoleh prosentase 82, 69% dengan kriteria baik sekali. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh prosentase 64,47% dengan kriteria baik, siklus II diperoleh prosentase 80,95 dengan kriteria baik sekali, dan pada siklus III diperoleh prosentase 81,25% dengan kriteria baik sekali. (2) Adanya peningkatan kemampuan memahami materi asma al-ayyam pada mata pelajaran bahasa arab kelas I MI Al-Asyhar Gresik menggunakan strategi card sort. Hal ini dibuktikan dengan perolehan prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I 60% kriteria cukup dengan rata-rata 77,4, pada siklus II terjadi peningkatan dengan perolehan prosentase ketuntasan belajar siswa 76% kriteria baik dengan rata-rata 88,8. Dan pada siklus III juga mengalami peningkatan dengan perolehan prosentase ketuntasan belajar siswa 84% kriteria sangat baik dengan rata-rata 89,6.
Kata Kunci : Kemampuan Memahami, Mata Pelajaran Bahasa Arab, Strategi Card Sord

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maula, Minchatulakuk558@yahoo.comD07212056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Materi Pendidikan; Asma Al Ayyam; Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: minchatul icha
Date Deposited: 01 Aug 2016 06:18
Last Modified: 09 Dec 2019 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7481

Actions (login required)

View Item View Item