Inisiatif guru agama dalam menumbuhkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMA Negeri 1 Kebomas Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chotimah, Ririn (2009) Inisiatif guru agama dalam menumbuhkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMA Negeri 1 Kebomas Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover Ririn Chotimah_D01304100.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Kreativitas merupakan bakat yang secara potensial dimiliki oleh setiap orang yang dapat diidentifikasi dan di pupuk melalui pendidikan yang tepat. Kreativitas belajar siswa dapat tumbuh dan berkembang dengan baik apabila lingkungan belajar turut menunjang mereka dalam belajar dan mengekspresikan kreativitasnya. Kreativitas belajar siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah sikap orang tua dan motivasi belajar. Sikap orang tua dalam menghadapi kreativitas anak adalah dengan menciptakan suasana yang kondusif sehingga kreativitas anak dapat berkembang secara maksimal. Selain itu kreativitas belajar siswa dapat juga dipengaruhi oleh motivasi belajar, motivasi belajar yang tinggi akan mendorong siswa untuk lebih kreatif dalam belajar. Permasalahan dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana inisiatif guru agama pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas XI di SMAN 1 Kebomas? 2) Bagaimana menumbuhkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas XI di SMAN 1 Kebomas? 3) Apakah inisiatif guru agama dapat menumbuhkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMAN 1 Kebomas? Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini menunjukan bahwa Untuk mengetahui sejauh mana inisiatif guru agama terhadap menumbuhkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI, maka nilai perhitungan rxy yakni 0,275 dikonsultasikan dengan table interprestasi pada nilai r. nilai rxy 0,275. Berada diantara 0,6-0,40 yang berarti tidak terdapat korelasi yang cukup antara variable x (inisiatif guru agama) terhadap variable y (menumbuhkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tumbuh dan tidaknya kreativitas belajar siswa pada materi PAI tidak ada hubungannya atau tidak dapat menggunakan inisiatif guru agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chotimah, Ririn--D01304100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutikno, Sutikno--150267233
Subjects: Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Keywords: Inisiatif Guru Agama; kreativitas belajar siswa; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2009
Last Modified: 27 Jun 2022 08:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7708

Actions (login required)

View Item View Item