FA'ALIYAH TATHBIQ AL-THARIQAH PQRST (AL-MU'AYANAH WA AL-SUAL WA AL-QIRAAH WA AL-TALKHIS WA AL-IKHTIBAR) FI TADRIS AL-LUGHAH AL-ARABIYAH LITARQIYATI MAHARATI AL-QIRA'AH LI TALAMIDZI AL-FASHLI AL-'ASYIR BIMADRASATI AL-MULTAZAM AL-TSANAWIYAH MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chasanah, Anif Nur (2016) FA'ALIYAH TATHBIQ AL-THARIQAH PQRST (AL-MU'AYANAH WA AL-SUAL WA AL-QIRAAH WA AL-TALKHIS WA AL-IKHTIBAR) FI TADRIS AL-LUGHAH AL-ARABIYAH LITARQIYATI MAHARATI AL-QIRA'AH LI TALAMIDZI AL-FASHLI AL-'ASYIR BIMADRASATI AL-MULTAZAM AL-TSANAWIYAH MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (953kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kemampuan membaca dalam pembelajaran Bahasa Arab yang ada di SMA Al-Multazam Mojokerto. Berdasarkan hasil observasi sebelum dilakukannya kegiatan penelitian diketahui kemampuan membaca siswa kelas X dalam pembelajaran Bahasa Arab nampak lemah. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kemampuan keterampilan membaca dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas X SMA Al-Multazam Mojokerto dengan menggunakan Metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize dan Test). Rumusan masalah dalam penelitian ini terperinci menjadi tiga, yaitu (1) Bagaimanakah keterampilan membaca siswa kelas X di SMA Al-Multazam? (2) Bagaimana penerapan metode PQRST dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas X SMA Al-Multazam Mojokerto? (3) bagaiman efektifitas penerapan metode PQRST dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas X SMA Al-Multazam Mojokerto? Model penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisi, wawancara dan dokumentasi. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize dan Test) terbukti efektif. Hal ini bisa dilihat dari analisis hasil pre test dengan nilai rata-rata siswa 68,13 dan post test dengan nilai rata-rata siswa 77,34. Pada penilaian pre test, 24 dari 32 siswa mendapat nilai 60-74 dan 8 dari 32 siswa mendapat nilai 75-85 dalam artian 75% siswa mendapat nilai cukup dan hanya 65% siswa yang mendapat nilai baik. Sedangkan pada post test 7 siswa memperoleh nilai 60-74, 24 siswa mendapat nilai 75-85 dan 1 siswa mendapat nilai 86-100. Sebagaimana diprosentasikan 21,9% siswa mendapat nilai cukup, 75% siswa mendapat nilai baik dan 3,1% mendapat nilai istimewa. Sedangkan hasil dengan menggunakan rumus T test menunjukkan bahwa T hitung lebih besar dari T tabel dengan nilai positif (13,56>2,457) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya penggunaan Metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize dan Test). efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca dalam pembelajaran Bahasa Arab terhadap siswa kelas X/B SMA Al-Multazam Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chasanah, Anif Nuranif_nurch@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Metode PQRST
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ANIF NUR CHASANAH
Date Deposited: 29 Aug 2016 01:54
Last Modified: 29 Aug 2016 01:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12509

Actions (login required)

View Item View Item