Profil berpikir siswa dalam mengkonstruk bukti geometri sebagai prosep berdasarkan teori gray-tall

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ali, Muhammad Mahrus (2016) Profil berpikir siswa dalam mengkonstruk bukti geometri sebagai prosep berdasarkan teori gray-tall. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Pembuktian di matematika dan dalam pendidikan matematika merupakan hal yang penting. Pentingngya pembuktian bahkan dianggap sebagai inti dari berpikir matematis. Bukti geometri merupakan salah satu dari pembuktian matematika. Pada pembelajaran matematika di SMP, pembuktian geometri sangat penting. Pembuktian geometri pada anak SMP akan meningkatkan berpikir matematis dan lebih memahami konsep dan proses (prosep). Pada anak SMP kadang hanya paham pada proses penyelesaian masalah tetapi kurang paham terhadap konsepnya. Oleh karena itu, prosep (proses dan konsep) itu bisa ditingkatkan lewat bukti geometri. Tahapan prosep (proses dan konsep) itu di bahas oleh teori Gray-Tall.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data kualitatif. Subjek penelitian adalah dua siswa kelas delapan SMP Negeri 1 Gedeg. Subjek penelitian diambil berdasarkan petimbangan guru matematika di sekolah tersebut. Pengumpulan data dilakukan denga cara pemberian tes matematika dan wawancara. Untuk menguji kredibilitas data, peneliti melakukan triangulasi sumber. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis berdasarkan indikator mengkonstruk bukti geometri dan tahap mengkonstruk bukti dari teori Gray-Tall.Setelah dilakukan analisis data penelitian, didapatkan hasil sebagai berikut: proses berpikir siswa dalam mengkonstruk bukti geometri berdasarkan teori Gray-Tall terdiri dari lima indikator yang terdapat pada tiga tahapan mengkonstruk bukti geometri sebagai prosep yaitu tahap prosedur, proses, dan prosep (proses dan konsep). Indikator mengkonstruk bukti geometri sebagai prosep yaitu mengidentifikasi apa yang menjadi fakta dalam pembuktian geometri, membuat konjektur sebagai hipotesis dalam pembuktian, menunjukkan aturan/warrant sebagai hal yang menjembatani pernyataan dan kesimpulan, mengidentifikasi apa yang menjadi kesimpulan dalam pembuktian geometri, dan mengetahui aturan-aturan penarikan kesimpulan dari proses pembuktian geometri yang logis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ali, Muhammad Mahrusmahrusali17@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Matematika
Keywords: Bukti geometri ; Teori Gray-Tall.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ali Muhammad Mahrus
Date Deposited: 29 Aug 2016 06:46
Last Modified: 07 Nov 2019 04:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13524

Actions (login required)

View Item View Item