PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM MORAL ISLAM PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN WONOCOLO SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azhar, Azhar (2016) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM MORAL ISLAM PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN WONOCOLO SURABAYA. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (967kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (575kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya problem demoralisasi moral siswa karena proses pembelajaran cenderung mengajarkan pendidikan agama sebatas teks dan kurang mempersiapkan siswa untuk menyikapi dan menghadapi kehidupan yang kontradiktif. Pembelajaran PAI sejatinya mengembangkan secara bertahap perkembangan emosional siswa, faktanya pengelolaan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam belum menggiring kepada tujuan perkembangan afektif siswa karena hanya membidik perkembangan kognisi siswa dalam tingkat rendah. Pendidikan Agama Islam memerlukan pendekatan yang mengakomodasi secara bersama-sama seluruh tugas perkembangan; spiritual, emosional, intelektual dan sosial. Model Pembelajaran Quantum Moral Islam diduga kuat dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran PAI. Bagaimana Model Pembelajaran Quantum Moral Islam dikembangkan dan seberapa efektif model tersebut dan relevansinya terhadap penanaman nilai moral siswa sekolah dasar merupakan permasalahan yang dibidik dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk Model Pembelajaran Quantum Moral Islam yang dapat memperkokoh tugas perkembangan emosional siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan. Langkah-langkahnya meliputi (a) tahap studi pendahuluan untuk mengidentifikasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran PAI, (b) hasil studi pendahuluan dijadikan dasar untuk mengembangkan Model Pembelajaran Quantum Moral Islam yang dipadukan dengan kerangka teoretik-normatif yang telah ditemukan untuk kemudian diujicobakan sehingga mencapai model yang kokoh, (c) model akhir divalidasi melalui serangkaian eksperimen untuk memperoleh kebermaknaan model. Uji coba dilakukan secara terbatas dan dilanjutkan dengan uji coba luas yang melibatkan empat sekolah. Sedangkan uji validasi dilakukan dengan menggunakan metode true experimental design jenis posttest-only control design yang melibatkan empat SD sebagai kelompok eksperimen (SD-KE) yang mengimplementasikan Model Pembelajaran Quantum Moral Islam, empat buah SD sebagai kelompok kontrol (SD-KK) yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil uji validasi diperoleh temuan kebermaknaan model untuk meningkatkan kualitas moral siswa dengan ditunjukkan dari hasil posttest kelas perlakuan (x̅1=78,50) dibanding hasil posttest kelompok kontrol (x̅2=60,50). Temuan ini mengidikasikan bahwa Model Pembelajaran Quantum Moral Islam efektif untuk menanamkan nilai moral siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azhar, Azharazharmpdbi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azhar Azhar
Date Deposited: 28 Dec 2016 07:10
Last Modified: 28 Dec 2016 07:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14659

Actions (login required)

View Item View Item