AL ANASHIR AL DAKHILIYAH FI MASRAHIYAH "ASHABUL GHAR" LI ALI AHMAD BAKATSIR

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laelatul, Nur Wakhidah (2017) AL ANASHIR AL DAKHILIYAH FI MASRAHIYAH "ASHABUL GHAR" LI ALI AHMAD BAKATSIR. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dafar Isi.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (550kB) | Preview

Abstract

Ali Ahmad Bakatsir adalah seorang penulis Arab yang terlahir di Indonesia. Beliau sangat mahir dalam menulis karya sastra salah satunya adalah drama yang berjudul “Ashḥābu al-Ghār”. Drama Ashḥābu al-Ghār karya Ali Ahmad Bakatsir berisi tentang tiga orang pemuda yang terjebak di dalam goa, atas doa mereka kepada Allah dengan bertawasul mengenai amal baiknya semasa hidup, Allah menolong mereka bertiga sehingga bisa keluar dari goa tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana analisis unsur-unsur intrinsik dalam drama Ashḥābu al-Ghār karya Ali Ahmad Bakatsir? meliputi a.Tema, b.Tokoh dan Penokohan, c.Plot, d.Setting dan e. Amanah. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menjawab rumusan masalah dengan menggunakan teks drama tersebut sebagai sumber datanya. Adapun data dari penelitian ini adalah percakapan yang mengindikasikan adanya unsur intrinsik dalam drama. Data diperoleh dengan cara dokumentasi dan penelitian kepustakaan yang terkait dengan teori unsur intrinsik dan drama Ashḥābu al-Ghār karya Ali Ahmad Bakatsir. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam drama Ashḥābu al-Ghār karya Ali Ahmad Bakatsir. Drama ini bertemakan agama tentang cara berdoa dengan bertawasul mengenai amal baik semasa hidup. Tokoh utama dalam drama ini adalah Harun, Yusuf dan Mutta. Adapun tokoh pembantu adalah orang tua Harun, istri Harun, istri Mutta, Alisba’ dan Sulaiman. Plot dalam drama ini adalah campuran karena ada cerita beralur maju dan ada juga cerita beralur mundur yang berakhir dengan kebahagiaan. Setting tempat berada di lembah dan goa. Setting waktu pada sore menjelang malam hari setelah berburu. Setting suasana pada masa itu kebanyakan masyarakat gemar berburu, tegang ketika terjebak dalam goa dan senang ketika mereka berhasil keluar dari goa. Adapun pesan yang terkandung dalam drama ini adalah berbakti pada orang tua, menyampaikan hak orang lain, bertaqwa kepada Allah dan tidak mudah putus asa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laelatul, Nur Wakhidahlaelatulnurw@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Keywords: Ali Ahmad Bakatsir; Drama; Unsur Intrinsik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Wakhidah Laelatul Nur
Date Deposited: 14 Feb 2017 07:14
Last Modified: 14 Feb 2017 07:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15141

Available Versions of this Item

  • AL ANASHIR AL DAKHILIYAH FI MASRAHIYAH "ASHABUL GHAR" LI ALI AHMAD BAKATSIR. (deposited 14 Feb 2017 07:14) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item