FA’ALIYAH ISTIKHDAM AL USTHAWANAH TA’LIM AL LUGHAH AL ARABIYAH MIN AL SHAFR FI TARQIYAH KAFA’AH QAWA’ID AL NAHW WA AL SHARF LADA THULAB AL FASHL AL TSAMIN BI MADRASAH TASHWIR AL AFKAR AL MUTAWASITHAH AL ISLAMIYAH SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solichun, Imam (2015) FA’ALIYAH ISTIKHDAM AL USTHAWANAH TA’LIM AL LUGHAH AL ARABIYAH MIN AL SHAFR FI TARQIYAH KAFA’AH QAWA’ID AL NAHW WA AL SHARF LADA THULAB AL FASHL AL TSAMIN BI MADRASAH TASHWIR AL AFKAR AL MUTAWASITHAH AL ISLAMIYAH SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (955kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (862kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Bahasa arab adalah bahasa yang memiliki keunikan tersendiri. Tidak ada bahasa di dunia ini yang satu huruf saja dapat bermakna kecuali bahasa arab. Keberadan huruf hijaiyah dalam menempati suatu makna dikaji dalam ilmu alat. Di mana ilmu alat itu berupa nahwu, shorof, balaghoh dan lain sebagainya. Untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut kebanyakan orang akan belajar dari kitab-kitab klasik dan mengajarkannya kepada siswa. Sedangkan kondisi siswa bukan sedang berada di pondok salaf melainkan di madrasah yang memiliki sedikit waktu untuk mempelajarinya. Untuk itu diperlukan adanya terobosan baru yang dapat membantu siswa memahami nahwu shorof dalam waktu singkat. Langkah tersebut degan menggunakan CD praktis pembelajaran.
Adapun CD praktis belajar bahasa arab dari nol ini memuat kaidah-kaidah dasar dalam ilmu nahwu dan shorof. CD pembelajaran ini merupakan CD praktis karena di dalam CD tersebut terdapat audio yang dapat membantu dalam memahami apa yang tertulis. Dengan penerapan CD ini siswa diharapkan lebih mudah untuk memahami ilmu bahasa arab.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan model CD ini, kemampuan meningkatkan qowaid nahwu shorof dan efektifitasnya. Model ini menggunakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode: 1) observasi, 2)pree test dan post test , 3) dokumentasi. Sehingga target dari penelitian adalah siswa mampu berbahasa Arab dengan baik dan benar sesuai kaidah nahwu dan shorof, mempunyai motivasi dalam mempelajari bahasa Arab, dan membantu menjadi bahan tambahan dalam model pembelajaran guru-guru bahasa Arab untuk kedepannya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ainun Syarifah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solichun, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Cd Praktis; Pembelajaran; Qowaid Nahwu Shorof; Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2015 10:26
Last Modified: 26 Oct 2015 10:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2442

Actions (login required)

View Item View Item