TAHLIL IKHTIBAR AL LUGHAH AL ARABIYAH FI AL IMTIHAN AL NIHAI BI MADRASAH DAR AL ULUM AL MUTAWASITHAH WARU SIDOARJO FI AL SANAH DIRASIYAH 2014/ 2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Anis Ratna (2015) TAHLIL IKHTIBAR AL LUGHAH AL ARABIYAH FI AL IMTIHAN AL NIHAI BI MADRASAH DAR AL ULUM AL MUTAWASITHAH WARU SIDOARJO FI AL SANAH DIRASIYAH 2014/ 2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (948kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Evaluasi merupakan proses terpenting dalam sebuah pembelajaran untuk mengukur hasil belajar siswa dan tercapainya tujuan pembelajaran. Untuk itu, perlu dilakukan penilaian hasil belajar siswa pada akhir satuan pendidikan. Penilaian hasil belajar tersebut dilakukan melalui Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional. Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional bertujuan mengukur pencapaian hasil belajar siswa pada akhir jenjang pada satuan pendidikan, sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang ditetapkan secara nasional. Untuk mengetahui apakah ujian dapat mengukur kemampuan siswa, maka peneliti melakukan analisis tes pada ujian tersebut, dengan objek penelitian para siswa kelas IX MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo. Suatu tes dikatakan baik apabila memenuhi criteria validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Maka peneliti mengangkat masalah tersebut guna mengetahui kualitas soal.
Untuk menjawab masalah di atas peneliti menggunakan metode kualitatif untuk memperoleh data tentang validitas isi dan metode kuantitatif untuk memperoleh data tentang validitas butir soal, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Peneliti membandingkan antara isi soal dengan SKL untuk mengetahui validitas isi dari hasil sebuah ujian. Untuk menganalisis tingkat reliabilitas soal peneliti menggunakan rumus KR-21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas isi tes ujian akhir madrasah di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo baik. Terdapat 9 soal yang valid, 12 soal yang kurang valid, dan 28 soal yang tidak valid. Memiliki tingkat reliabilitas yang rendah. Terdapat 12 soal yang tergolong sulit, 32 soal yang tergolong sedang, dan 6 soal yang tergolong mudah. Sedangkan untuk daya beda terdapat 3 soal yang memiliki daya beda baik, 20 soal yang memiliki daya beda cukup, 18 soal yang memiliki daya beda jelek, dan 9 soal yang memiliki daya beda sangat jelek

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Muhammad Baihaqi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Anis RatnaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keywords: Validitas; Reliabilitas; Tingkat Kesukaran; Daya Beda; Bahasa Arab; Ujian; Evaluasi; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2015 09:12
Last Modified: 18 Nov 2015 09:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2806

Actions (login required)

View Item View Item