Penerapan strategi al-Ta'bir al-Musawwar untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab materi Halat al-Hadiqah siswa kelas III MI Dahlaniyah Merakurak Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'adah, Siti Zumrotus (2017) Penerapan strategi al-Ta'bir al-Musawwar untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab materi Halat al-Hadiqah siswa kelas III MI Dahlaniyah Merakurak Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas III A MI Dahlaniyah Merakurak Tuban dikarenakan salah satu penyebabnya ialah penggunaan strategi yang monoton, tidak diterapkannya praktek pembelajaran keterampilan berbicara serta siswa mengalami kesulitan dalam mengingat mufradat dan dalam membuat kalimat saat praktek berbicara dengan bahasa Arab. Untuk itu peneliti mengambil tindakan pembelajaran dengan menerapkan strategi Al-Ta’bi>r al-Mus}awwar. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan strategi Al-Ta’bi>r al-Mus}awwar dalam pembelajaran keterampilan berbicara mata pelajaran bahasa Arab materi H{a>lat al-H{adi>qah di kelas III A MI Dahlaniyah Merakurak Tuban? (2) Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara mata pelajaran bahasa Arab materi H{a>lat al-H{adi>qah setelah diterapkannya strategi Al-Ta’bi>r al-Mus}awwar di kelas III A MI Dahlaniyah Merakurak Tuban?. Penelitian ini menggunakan metode PTK model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas III A MI Dahlaniyah Merakurak Tuban sejumlah 23 orang. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, non tes (Performance), wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I observasi aktivitas guru 77,17 dengan kategori cukup, siklus II sebesar 96,73 dengan kategori sangat baik. Sedangkan observasi aktivitas siswa pada siklus I adalah 68,75 dengan kategori kurang, pada siklus II sebesar 95,45 dengan kategori sangat baik. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa pra siklus sebesar 43,47% dengan kategori kurang sekali, siklus I sebesar 56,52% dengan kategori kurang. Sedangkan untuk siklus II sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwasannya keterampilan berbicara bahasa Arab siswa materi H{a>lat al-H{adi>qah dapat meningkat dengan diterapkannya strategi Al-Ta’bi>r al-Mus}awwar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'adah, Siti Zumrotuszumzumzumrotus94@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Ketrampilan berbicara; Bahasa Arab; strategi pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sa'adah Siti Zumrotus
Date Deposited: 03 May 2017 03:39
Last Modified: 03 May 2017 06:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16657

Actions (login required)

View Item View Item