Peningkatan kemampuan menghafal surat pendek melalui media Card Sort mata pelajaran al Qur'an Hadits kelas IV MI Baitur Rohim Ganting Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A'yunin, Rosyiqoh Qurrota (2017) Peningkatan kemampuan menghafal surat pendek melalui media Card Sort mata pelajaran al Qur'an Hadits kelas IV MI Baitur Rohim Ganting Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (731kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an Hadits kelas IV MI Baitur Rohim Ganting Gedangan Sidoarjo menunjukkan bahwa tingkat kemampuan peserta didik dalam menghafal surat pendek termasuk dalam kategori cukup yaitu 60%, dibuktikan dengan adanya data dari hasil wawancara pada pra siklus dari 27 peserta didik kelas IV hanya 16 peserta didik yang masuk kategori tingkat pemahaman baik. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penggunaan media Card Sort. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui penerapan media Card Sort dalam meningkatkan kemampuan menghafal surat pendek mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas IV MI Baitur Rohim Ganting Gedangan Sidoarjo. 2) Mengetahui peningkatan kemampuan peserta didik dalam menghafal surat pendek melalui media Card Sort pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas IV MI Baitur Rohim Ganting Gedangan Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin yang tiap siklusnya terdiri dari empat komponen pokok, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, unjuk kerja (Performance), serta dokumentasi. Hasil penelitian dapat diketahui sebagai berikut: Penerapan media Card Sort dan peningkatan kemampuan menghafal surat pendek mendapatkan hasil sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil aktifitas guru pada siklus I mendapatkan 75% dengan kategori baik dan siklus II meningkat menjadi 93,75% dengan kategori sangat baik. Sedangkan, aktifitas peserta didik juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 78,12% dengan kategori baik pada sikus II menjadi 93,75% dengan kategori sangat baik. Pada pra siklus hasil persentase ketuntasan 60% dengan kategori cukup dan nilai rata-rata kelas sebesar 68,51 dengan kategori cukup. Pada siklus I hasil persentase ketuntasan 70% dengan kategori baik dan nilai rata-rata kelas 75,62 dengan kategori baik. Serta pada siklus II hasil persentase ketuntasan meningkat menjadi 89% dengan kategori baik dan nilai rata-rata kelas sebesar 88,66 dengan kategori baik dan telah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A'yunin, Rosyiqoh Qurrotarosyiqohqurrota@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Keywords: Kemampuan; Media; Card Sort
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: A'yunin Rosyiqoh Qurrota
Date Deposited: 03 May 2017 07:33
Last Modified: 03 May 2017 08:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16716

Actions (login required)

View Item View Item