This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Asro, Muhamad Nurul (2017) تطوير مواد تعليم مهارة الاستماع على المستوى المتوسط: البحث والتطوير مع التطبيق على المدرسة المتوسطة بمعهد أمانة الأمة الإسلامي فاجت موجوكرطا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (485kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (372kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (558kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab 3.pdf Download (694kB) |
|
Text
Bab 4.pdf Download (2MB) |
|
Text
Bab 5.pdf Download (382kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (265kB) |
Abstract
Buku atau materi ajar adalah salah satu media penting dan wajib dimiliki bagi siapa pun yang ingin tercapai tujuan belajarnya. Salah satunya adalah kitab Madariju al-Durus al-‘Arabiyyah karangan KH. A. Bashori Alwi. Buku ini sangat bagus dengan tahapan materinya sesuai dengan tingkat kemampuan anak. Tetapi buku ajar Bahasa Arab yang ditulis tahun 1974 ini belum memenuhi kriteria buku ajar yang sempurna karena belum memenuhi empat kemampuan pokok pengajaran Bahasa. Yaitu Maharah Istima’ (Kemampuan Mendengar). Oleh karenanya, Pada ini penulis ingin menyempurnakan buku ajar ini dengan menyajikan materi Maharah Istima’ melalui media audio visual. Adapun bentuk pengembangannya adalah: 1. Menyajikan materi mendengar semua isi dengan suara Native Speacker dari Mesir, yaitu Syekh Abu al-Wafa Abu al-Majd al-Mishr. 2. Menyajikan materi mendengar kosa kata dengan gambar sebagai petunjuk arti. 3. Menyajikan materi mendengar latihan pendalaman isi setiap pelajaran. 4. Menyajikan materi mendengar latihan-latihan mendengar pada setiap pelajaran. Manfaat dari pengembangan materi mendengar ini dengan praktikum adalah: 1. Sempurnanya empat kemampuan dalam buku ajar 2. Tersampainya tujuan pembelajaran Bahasa Arab. 3. Memudahkan siswa dalam meningkatkan kemampuan mendengar 4. Bertambahnya motivasi anak dalam pembelajaran Bahasa Arab. Sedangkan pelaksanaan materi kemampuan mendengar di SMP Unggulan Amanatul Ummah dikatakan efektif dengan 30,5 % peningkatan cinta siswa terhadap pembelajaran Bahasa Arab, 30,5 % lebih mudah dibanding sebelumnya, 82,2 % siswa merasa senang dengan kehadiran audio visual, sehingga siswa 53,9 % setuju penyajian materi mendengar dalam belajar, karena 41,1 % kemampuan mereka bertambah dari pada sebelumnya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi |
||||||
Keywords: | Pengembangan materi pengajaran | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Asro Muhamad Nurul | ||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2017 02:45 | ||||||
Last Modified: | 10 Aug 2017 02:45 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18884 |
Actions (login required)
View Item |