This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sunaryanti, Lucky Ayuni (2017) Peningkatan pemahaman materi kegiatan ekonomi mata pelajaran IPS melalui strategi rotating review pada siswa kelas IVa MI Ma'arif Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (990kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (208kB) | Preview |
|
Text
Bab 1.pdf Download (349kB) |
||
|
Text
Bab 2.pdf Download (463kB) | Preview |
|
Text
Bab 3.pdf Download (711kB) |
||
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (307kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi kegiatan ekonomi mata pelajaran IPS yang disampaiakan oleh guru di dalam kelas. Hal ini tercermin dari jumlah siswa yang belum tuntas KKM. Dari jumlah siswa sebanyak 21 siswa hanya 10 siswa yang mencapai KKM sedangkan 11 siswa belum mencapai KKM, dengan ketetapan KKM sebesar 80. Selain itu, proses pembelajaran IPS di kelas tidak menerapkan strategi khusus untuk mengaktifkan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi rotating review dalam meningkatkan pemahaman siswa materi kegiatan ekonomi kelas IV-A MI Ma’arif Sukodono Sidoarjo?, 2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi kegiatan ekonomi mata pelajaran IPS melalui strategi rotating review pada siswa kelas IV-A MI Ma’arif Sukodono Sidoarjo?. Tujuan dari penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah diatas, melalaui strategi rotating review diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa materi kegiatan ekonomi mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV-A MI Ma’arif Sukodono Sidoarjo. Model dalam penelitian ini menggunakan model penelitian kurt lewin, terdiari dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-A MI Ma’arif Sukodono Sidoarjo tahun pelajaran 2016-2017 dengan jumlah 21 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan penilaian tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada tiap aspeknya. Skor aktivitas guru pada siklus I sebesar 69,23 dan ssiklus II menjadi 84,61. Skor aktivitas siswa pada siklus I sebesar 72,2 dan siklus II menjadi 81,48. Nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 75,7 dan siklus II menjadi 85,24 sehingga terjadi peningkatan rata-rata kelas sebesar 9,54. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 67% dan siklus II menjadi 85,71% sehingga terjadi peningkatan prosentase ketuntasan belajar sebesar 18,71%. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil karena sudah mencapai indikator kinerja pada tiap-tiap aspek.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar |
||||||
Keywords: | strategi rotating review; materi kegiatan ekonomi | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Sunaryanti Lucky Ayuni | ||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2017 06:45 | ||||||
Last Modified: | 14 Aug 2017 06:45 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19460 |
Actions (login required)
View Item |