PENINGKATAN PEMAHAMAN PELAJARAN IPA PADA MATERI KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI MELALUI STRATEGI GALLERY LEARNING PADA SISWA KELAS III MI AL KARIM SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurrohmah, Aulia Ade (2015) PENINGKATAN PEMAHAMAN PELAJARAN IPA PADA MATERI KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI MELALUI STRATEGI GALLERY LEARNING PADA SISWA KELAS III MI AL KARIM SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (955kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa-siswi kelas III dalam pelajaran IPA pada materi kenampakan permukaan bumi. Di MI Al Karim Surabaya, karena masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menjelaskan tentang pembagian permukaan bumi serta menyebutkan apa saja yang di daratan dan apa saja yang di perairan, dan memberikan contoh bagian yang di daratan dan di perairan. Maka perlu diterapkan strategi yang dapat meningkatkan pemahaman IPA materi kenampakan permukaan bumi. Salah satunya dengan menggunakan strategi gallery learning (galeri belajar).
Rumusan penelitian yang diambil pada penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan strategi gallery learning pada mata pelajaran IPA materi kenampakan permukaan bumi kelas III MI Al Karim Surabaya, (2) Bagaimana peningkatan pemahaman siswa MI Al Karim Surabaya setelah diterapkan strategi gallery learning pada materi kenampakan permukaan bumi.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan strategi gallery learning pada pelajaran IPA materi kenampakan permukaan bumi kelas III MI Al Karim Surabaya, (2) Mengetahui peningkatan pemahaman siswa MI Al Karim Surabaya setelah diterapkan strategi gallery learning pada materi kenampakan permukaan bumi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, model PTK yang digunakan yaitu model Kurt Lewin, di mana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara , dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1). Penerapan strategi gallery learning berjalan dengan efektif melalui perbaikan-perbaikan pada setiap siklus. Dalam PBM dapat dilihat aktivitas guru siklus I diperoleh nilai 66,34 meningkat 88,7 pada siklus II. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari mulai pra siklus ke siklus I diperoleh nilai 52,2 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 91,3. (2). Peningkatan pemahaman siswa meningkat dari rata-rata nilai perolehan siswa dari siklus I 69,77 secara klasikal belum tuntas dan belum memenuhi nilai KKM, kemudian menjadi 86,59 di siklus II yang secara klasikal sudah tuntas. Sedangkan ketuntasan belajar siswa dari siklus I 59,09% dan untuk siklus II ketuntasan belajar siswa menjadi 81,81% Demikian hasil penelitian di kelas III MI Al Karim Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Taufik
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurrohmah, Aulia AdeUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Peningkatan Pemahaman; IPA; Strategi Gallery Learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 31 Dec 2015 07:38
Last Modified: 31 Dec 2015 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2674

Actions (login required)

View Item View Item