PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI DENGAN MODEL KUMON MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MI TARBIYATUL ATHFAL BADU WANAR PUCUK LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ula, Mar'atus Sholihatul (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI DENGAN MODEL KUMON MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MI TARBIYATUL ATHFAL BADU WANAR PUCUK LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (482kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adanya kesulitan yang dialami siswa kelas IV MI Tarbiyatul Athfal Badu Wanar Pucuk Lamongan dalam menulis surat pribadi. Data yang didapatkan menunjukkan dari 19 siswa, hanya 7 siswa mampu memperoleh nilai di atas KKM dan 12 anak lainnya mendapatkan nilai di bawah KKM. Sehingga peneliti ingin memberikan solusi atas permasalahan ini melalui model kumon. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana keterampilan menulis surat pribadi pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV MI Tarbiyatul Athfal Badu Wanar Pucuk Lamongan sebelum diterapkan model kumon?, (2) Bagaimana penerapan model kumon dalam rangka meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV MI Tarbiyatul Athfal Badu Wanar Pucuk Lamongan?, (3) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis surat pribadi pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV MI Tarbiyatul Athfal Badu Wanar Pucuk Lamongan dengan model kumon? Metode Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Dalam satu siklus terdiri empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Tarbiyatul Athfal Badu yang terdiri dari 19 siswa. Tindakan yang dilakukan adalah penerapan model kumon untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis surat pribadi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Keterampilan menulis surat pribadi siswa kelas IV MI Tarbiyatul Athfal Badu sebelum diterapkan model kumon bisa dibilang kurang baik. Dari 19 siswa, hanya 7 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM. 12 siswa lainnya dibawah KKM. (2) Model kumon telah diterapkan dengan baik untuk meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi siswa. Hampir semua langkah pembelajaran model kumon telah diterapkan dengan tepat. (3) Keterampilan menulis surat pribadi siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan model kumon. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa sebesar 76,3 meningkat menjadi 83,55 di siklus II. Ketuntasan belajar siswa meningkat dari 13 siswa tuntas dengan prosentase 68% di siklus I menjadi 16 siswa tuntas dengan prosentase 84% di siklus II. Nilai rata-rata siswa dan prosentase ketuntasan juga diperoleh dengan kesempatan pengerjaan produk tidak lebih dari dua kali.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ula, Mar'atus SholihatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Menulis
Pendidikan > Metode
Keywords: Menulis; Surat; Bahasa Indonesia; SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maratus Sholihatul Ula
Date Deposited: 06 Apr 2016 03:16
Last Modified: 06 Apr 2016 03:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5233

Actions (login required)

View Item View Item