This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rohman, M. Fathur (2016) BI'AH ARABIYAH SHINAIYYAH LITANMIYATI MAHARATIL KALAM BIMADRASATI AL SUN AL ARABIYAH SIDOARJO. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (511kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (747kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (408kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Bahasa Arab untuk selain penuturnya yang bertujuan untuk mengembangkan ketrampilan-ketrampilan bahasa siswa merupakan aktifitas yang sulit karena mereka tidak berkomunikasi dengan bahasa ini dalam kehidupan sehari-harinya, sehingga sedikit kebutuhan mereka pada bahasa ini. Ditambah dengan di sekolah para Siswa belajar Bahasa Arab dalam waktu yang sangat terbatas untuk tiap minggunya, sehingga dibutuhkan kurikulum yang khusus untuk mengajarkan Bahasa Arab. Madrasah al-Alsun dengan kurikulumnya telah berhasil mengembangkan keterampilan Bahasa Arab siswa-siswinya terutama keterampilan berbicara.
Tujuan Penelitian ini adalah mengevaluasi dan menganalisa sejauh mana kesesuaian Kurikulum Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab di Madrasah al-Alsun dengan Kurikulum Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab untuk selain penuturnya, Tujuan, Bahan Ajar, Metode Pengajaran dan Evaluasinya.
Peneliti menggunakan Pendekatan Kualitatif pada penelitian ini karena merupakan penelitian Evaluasi. Peneliti Mendeskripsikan dan mengavaluasi Tujuan, Materi, Metode dan Evaluasi Pembelajaran di Madrasah al-Alsun kemudian menganalisanya dengan Tujuan, Materi, Metode dan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab untuk selain penuturnya. Data-data diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya dengan pendekatan kualitatif menggunakan Analisis Naratif dan pemaparan hasilnya dengan Narasi Deskriptif.
Hasil dari penelitian ini adalah Sebagai berikut :
1. Adanya kesesuaian antara Tujuan Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Madrasah al-Alsun dengan Tujuan pembelajaran bahasa Arab untuk selain penuturnya yaitu Tujuan Umum dan Tujuan Khususnya.
2. Materi Pembelajaran di Madrasah al-Alsun sesuai dengan materi Pembelajaran Bahasa Arab untuk selain penuturnya, yaitu disusun berdasarkan asas Pendidikan, Kebahasaan, Psikologis, Kebudayaan dan Sosial.
3. Metode Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Madrasah al-Alsun sesuai dengan Metode Pembelajaran Bahasa Arab untuk selain penuturnya yaitu menggunakan Pendekatan Bi’ah Arabiyah metode Eklektik dan tekniknya dengan Teknik Tanya-Jawab.
4. Ada kesesuaian antara Evaluasi Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab di Madrasah al-Alsun dengan Evaluasi Pembelajaran Keterampilan Berbicara untuk selain penuturnya, yaitu Evaluasi Formatif dan bentuknya adalah evaluasi lisan, untuk mengukur kemampuan bicara siswa dan memperbaiki kemampuan siswanya dan sebagai alat untuk perbaikan materi dan metode pembelajaran setelahnya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bahasa Arab Pendidikan > Evaluasi |
||||||
Keywords: | Lingkungan Arab Buatan; Pembelajaran Bahasa Arab; Selain Penuturnya | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | fathur rohman | ||||||
Date Deposited: | 27 May 2016 01:20 | ||||||
Last Modified: | 27 May 2016 01:20 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6325 |
Actions (login required)
View Item |