PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII G DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofi’ah, Robibatur (2014) PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII G DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (932kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini salah satunya menfokuskan pada tiga rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimana implementasi strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islamkelas VIII G di SMP SMP Muhammadiyah 5 Surabaya?, 2) Bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII G di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya?, 3) Bagaimana pengaruh implementasi strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII G di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya?
Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, karena penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang memerlukan analisis statistik (menggunakan angka-angka untuk memperoleh kebenaran hipotesis). Selain itu, penelitian yang dilaksanakan juga merupakan penelitian yang sifatnya korelasional karena menggambarkan tentang pengaruh atau sebab akibat dari kedua variabel penelitian. Sumber data primer adalah data yang diperoleh dari hasil observasi, angket, interview dan tes hasil belajar. Sedangkan sumber data sekundernya adalah dari data pelengkap yang mendukung hasil penelitian yaitu diperoleh dari hasil dokumentasi.
Setelah data-data itu disajikan, kemudian dianalisis dengan teknik prosentase, rata-rata dan product moment, dan didapatkan kesimpulan pertama, bahawa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya adalah termasuk dalam kategor 3,7 dengan perolehan adalah adalah 71,3%. Kedua, prestasi belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya adalah baik dengan perolehan sebesar 85,7. Ketiga, adanya pengaruh implementasi strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII G di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya tergolong cukup atau sedang, karena nilai (rxy) sebesar 0,459 berada diantara nilai (0,40-0,70).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Muh. Sholeh
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofi’ah, RobibaturUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Strategi Pembelajaran; Pembelajaran Aktif; Every One Is Teacher; Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2015 08:55
Last Modified: 11 Feb 2015 08:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/655

Actions (login required)

View Item View Item