Peningkatan pemahaman materi puasa ramadhan mata pelajaran fiqih menggunakan strategi joyful learning pada siswa kelas III MI Islamiyah Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chumairoh, Nur Izzati (2016) Peningkatan pemahaman materi puasa ramadhan mata pelajaran fiqih menggunakan strategi joyful learning pada siswa kelas III MI Islamiyah Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Fiqih materi puasa Ramadhan yang dilaksanakan di MI Islamiyah Taman Sidoarjo pada kelas III belum maksimal karena guru hanya mengunakan metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Ketika guru menerangkan, banyak siswa yang ramai dan tidak memperhatikan penjelasan guru. Hal itulah yang menyebabkan rendahnya pemahaman siswa dalam materi puasa Ramadhan. Menanggapi hal tersebut, maka peneliti mencoba menggunakan strategi Joyful Learning (pembelajaran yang menyenangkan) dalam penelitian tindakan kelas. sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas III MI Islamiyah Taman Sidoarjo dalam materi puasa Ramadhan.
Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah; Bagaimanakah pengunaan strategi Joyful Learning dalam pembelajaran Fiqih materi puasa Ramadhan? Bagaimana peningkatan hasil belajar mata pelajaran Fiqih materi Puasa Ramadhan melalui pengunaan strategi Joyful Learning pada siswa Kelas III di MI Islamiyah Taman Sidoarjo.
Penelitihan tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis menggunakan rumus nilai rata-rata dan prosentase ketuntasan belajar.
Hasil penelitian penggunaan strategi Joyful Learning dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi puasa Ramadhan pada siswa kelas III MI Islamiyah Taman Sidoarjo. Hal ini ditunjukkan dengan hasil presentase observasi aktifitas guru pada siklus I sebesar 73% dan pada siklus II sebesar 87,5%. Presentase observasi aktifitas siswa pada siklus I sebesar 72,2% dan pada siklus II sebesar 89,4%. Presentase ketuntasan tes pemahaman siswa pada pra siklus sebesar 22,8% dengan rata-rata nilai 46,5. Siklus I sebesar 62,8% dengan rata-rata nilai 69,4 dan pada siklus II sebesar 80% dengan rata-rata nilai 76,5.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chumairoh, Nur Izzatiizzachum123@gmail.comD77212085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Joy Full Learning; Peningkatan Pemahaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Izzati Chumairoh
Date Deposited: 29 Jun 2016 05:22
Last Modified: 12 Nov 2019 02:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7107

Actions (login required)

View Item View Item