Penerapan metode Gallery Walk dalam memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Sunan Cendana Kwanyar Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sumiati, Siti (2009) Penerapan metode Gallery Walk dalam memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Sunan Cendana Kwanyar Bangkalan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Belajar atau pembelajaran adalah merupakan sebuah kegiatan yang wajib kita lakukan dan kita berikan kepada anak-anak kita. Karena ia merupakan kunci sukses untuk menggapai masa depan yang cerah, mempersiapkan generasi bangsa dengan wawasan ilmu pengetahuan yang tinggi. Yang pada akhirnya akan berguna bagi bangsa, Negara dan agama. Melihat peran yang begitu vital, maka menerapkan metode yang efektif dan efisien adalah sebuah keharusan. Selain itu, motivasi merupakan satu unsur yang paling penting dari pengajaran efektif atau pengajaran berhasil. Kalau siswa sudah memiliki motivasi yang sedemikian besar, maka siswa akan lebih giat lagi untuk belajar sehingga rasa atau sifat ingin tahunya akan dapat terpenuhi, kalau sudah demikian maka tingkah laku siswa akan cenderung berubah karena hasil dari pada belajar yang lebih giat.
Untuk itulah, penelitian ini mencoba menawarkan sebuah alternatif metode pembelajaran untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan menggunakan metode Gallery Walk. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana pelaksanaan metode Gallery Walk pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Sunan Cendana Kwanyar Bangkalan? 2. Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Sunan Cendana Kwanyar Bangkalan? 3. Bagaimana penerapan metode Gallery Walk dalam memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Sunan Cendana Kwanyar Bangkalan? Adapun penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Sunan Cendana Kwanyar Bangkalan. Kemudian mengambil satu kelas secara acak sebagai sampel yaitu kelas XB yang berjumlah 40 siswa. Kemudian dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang berbentuk observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket. Analisis data yang digunakan adalah prosentase dan indeks korelasi product moment r. Berdasarkan hasil analisis data statistik dengan prosentase dan perhitungan r (Product Moment) dengan hasil rxy = 0.977. dan dari hasil signifikansi 5% dan 1% diketahui dari sini dapat diketahui bahwa rxy rt maka hipotesis diterima. Dengan kata lain, Penerapan Metode Gallery Walk dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak diterima. Artinya metode Gallery Walk dapat diterapkan dengan baik oleh siswa-siswi Madrasah Aliyah Sunan Cendana Kwanyar Bangkalan. Berarti metode Gallery Walk sangat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar aqidah akhlak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sumiati, Siti--UNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Gallery Walk; Motivasi Belajar Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2009
Last Modified: 23 Oct 2018 04:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7774

Actions (login required)

View Item View Item