This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
FATIHAH, NISFATIN (2009) TANQIHU TAKSUNUMI BI LAUMI WA ATSARAHU NHWA AT ATSHMIM FI TADRISI AL LUGHAH AL ARABIYAH FI MADRASAH AS SANAWIYAH AL ISLAMIYAH HASYIMIYAH BUNGAH GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
COVER.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (121kB) | Preview |
Abstract
REVISI TAKSONOMI BLOOM DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA. HASYIMIYAH BUNGAH GRESIK.
Dalam Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2006 mengatur Standar Kompetensi Lulusan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah digunakan sebagai pedoman penilaian dalam menentukan kelulusan peserta didik. Standar Kompetensi Lulusan meliputi standar kompetensi lulusan minimal satuan pendidikan dasar dan menengah, standar kompetensi lulusan minimal kelompok mata pelajaran, dan standar kompetensi lulusan minimal mata pelajaran, yang akan bermuara pada kompetensi dasar.
Akan tetapi pada kenyataannya mayoritas guru masih bingung dalam menjabarkan, menganalisa, mengembangkan indikator, sekaligus menyesuajkan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar murid ataupun keadaan sekolah. Oleh karena itu, dalam penulisan skripsi ini penulis membahas tentang taksonomi bloom yang telah banyak menolong para praktisi pendidikan dalam menjabarkan tujuan pendidikan dengan bahasa yang mudah dipahami.
Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini adalah:
1. untuk mengetahui perbedaan antara taksonomi bloom dan revisi taksonomi bloom.
2. untuk mengetahui penerapan revisi taksonomi bloom terhadap perencanaan pembelajaran bahasa arab di MA. HASYIMIYAH Bungah Gresik.
3. untuk mengetahui apakah ada pengaruh revisi taksonomi bloom terhadap perencanaan pembelajaran bahasa arab di MA. HASYIMIYAH Bungah Gresik.
Dari penelitian yang dilakukan penulis didapat hasil bahwa perbedaan antara taksonomi bloom dan yang direvisi adalah dalam taksonomi yang direvisi dibagi menjadi dua dimensi yakni dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan. Selaun itu dalam revisi taksonomi bloom membuang tingkat kognitif sintesis, karena dipandang sudah terwakili oleh analisis. Dan menambah satu tingkatan yaitu kreatifitas, karena dipandang penting dalam taksonomi tujuan pembelajaran. Dan tingkatan ini lebih tinggi disbanding proses kognitif evaluasi dan merupakan tingkat kognitif yang dibutuhkan oleh siswa.
Adapun hasil dari penerapan revisi taksonomi bloom terhadap perencanaan pembelajaran bahasa arab di MA. HASYIMIYAH dikatakan cukup karena mencapai 70%. Sedangkan hasil penelitian yang dilakukan penulis di MA. HASYIMIYAH menunjukkan bahwa Ha adanya perbedaan yang signifikan antara perencanaan yang menggunakan revisi taksonomi bloom, dengan perencanaan yang tanpa revisi taksonomi bloom diterima dengan daya penbeda 3,02. ini menunjukkan bahwa ada pengaruh revisi taksonomi bloom terhadap perencanaan pembelajaran bahasa arab di MA. HASYIMIYAH Bungah Gresik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Hukum Islam > Pidana Positif | ||||||
Keywords: | Standar Kompetensi | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2009 | ||||||
Last Modified: | 09 Mar 2021 02:48 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8096 |
Actions (login required)
View Item |