Pengaruh profesionalisme guru Bahasa Arab terhadap prestasi belajar Bahasa Arab siswa di MTs Al Fithrah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ridlo, Achmad (2011) Pengaruh profesionalisme guru Bahasa Arab terhadap prestasi belajar Bahasa Arab siswa di MTs Al Fithrah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (732kB)
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Profesionalisme guru merupakan kondisi, arah, nilai, tujuan dan kualitas suatu keahlian dan kewenangan dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang berkaitan dengan pekerjaan seseorang yang menjadi mata pencaharian. Guru profesional itu sendiri adalah guru yang berkualitas, berkompetensi, dan guru yang dikehendaki untuk mendatangkan prestasi belajar serta mampu mempengaruhi proses belajar mengajar siswa, yang nantinya akan menghasilkan prestasi belajar siswa yang lebih baik. Kompetensi guru yang diteliti meliputi empat kategori. Pertama, kemampuan guru dalam merencanakan program belajar mengajar. Kedua, kemampuan guru dalam menguasai bahan pelajaran. Ketiga, kemampuan guru dalam melaksanakan dan memimpin/mengelola proses belajar mengajar. Dan keempat, kemampuan dalam menilai kemajuan proses belajar mengajar. Prestasi belajar adalah hasil belajar yang dicapai setelah melalui proses kegiatan belajar mengajar. Prestasi belajar siswa dapat ditunjukkan dalam bentuk nilai yang diberikan guru berupa buku raport yang merupakan hasil dari beberapa bidang studi yang telah dipelajari oleh peserta didik. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan dua bentuk metode penelitian. Pertama, penulis menggunakan metode penelitian library research, melalui penelitian ini penulis berusaha mengkaji buku-buku serta tulisan ilmiah yang
berkaitan dengan masalah yang dibahas dalam skripsi ini. Kedua, menggunakan penelitian field research, yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung ke MTs
Al Fithrah Surabaya. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melalui angket yang diberikan kepada peserta didik kelas VII, VIII dan IX yang sampelnya dipilih secara proportional (sampel imbangan), kemudian dengan observasi, wawancara dan dengan studi dokumentasi. Setelah data-data tersebut diperoleh, penulis menganalisis data dan melakukan uji hipotesis dengan menggunakan rumus product moment dan menggunakan rumus Koefisien Determinasi untuk mengetahui kontribusi kedua Variabel X dan Y. Selanjutnya penulis menyimpulkan hasil penelitian dalam bentuk analisis interpretasi data. Setelah penelitian ini dilakukan, penulis memperoleh hasil penelitian bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara profesionalisme guru Bahasa Arab dengan prestasi belajar Bahasa Arab siswa di MTs Al Fithrah Surabaya. Kontribusi profesionalisme guru Bahasa Arab terhadap prestasi belajar Bahasa Arab siswa adalah 40%. Dengan kata lain, prestasi belajar siswa di MTs Al Fithrah Surabaya ditentukan atau dipengaruhi oleh tingkat profesionalisme guru sebanyak 40%, dan 60% lagi ditentukan oleh faktor yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ridlo, Achmad--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Profesionalisme Guru
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Profesionalisme Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2011
Last Modified: 03 Jul 2018 04:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9090

Actions (login required)

View Item View Item