EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN QOWAID BAHASA ARAB SISWA KELAS XI DI SMA AL ISLAM KRIAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuni, Lailatul (2013) EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN QOWAID BAHASA ARAB SISWA KELAS XI DI SMA AL ISLAM KRIAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (746kB) | Preview

Abstract

Terpilihnya judul tersebut didasarkan atas asumsi bahwa qowaid bahasa Arab sangat penting untuk memahami teks Arab. Namun, kebanyakan pengajaran qowaid bahasa arab kurang aplikatif terlebih bagi pemula, sehingga siswa menganggap bahwa pengajaran bahasa Arab sangat sulit. Berbeda jika pengajaran bahasa Arab yang diselenggarakan secara menarik dan disesuaikan dengan kemampuan siswa. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran Inquiry Discovery. Dengan pembelajaran ini siswa diajak langsung aktif dalam menemukan dan merumuskan informasi yang mereka peroleh. Sehingga mereka tidak sekedar menghafal kaidah bahasa namun benar-benar memahami serta mampu menerapkan qowaid yang telah mereka pelajari. Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Inquiry-Discovery, bagaimana pemahaman qowaid siswa kelas XI di SMA Al Islam Krian, serta bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran Inquiry Discovery untuk meningkatkan pemahaman qowaid siswa kelas XI di SMA Al Islam Krian Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan tingkat pemahaman qowaid bahasa Arab siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran Inquiry Discovery di kelas XI di SMA Al Islam Krian. Sedangkan metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Uji Coba, Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Angket dengan menggunakan analisis rumus prosentasi untuk mengetahui tingkat pengaruh dari model pembelajaran Inquiry Discovery (Variabel X) dan tingkat pemahaman qowaid bahasa Arab siswa (variabel Y). Sedangkan rumus T-Test dengan mengunakan SPSS diterapkan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari penerapan model pembelajaran Inquiry Discovery terhadap peningkatan pemahaman qowaid bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya efektifitas penerapan model pembelajaran Inquiry Discovery untuk meningkatkan pemahaman qowaid siswa kelas XI di SMA Al Islam Krian. Hal ini dapat dilihat dari nilai Uji T lebih dari nilai T-tabel (-2,021 -18,984), yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad A. Nadjib
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuni, LailatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Model Pembelajaran Inquiry Discovery; Pemahaman Qowaid Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Feb 2014
Last Modified: 08 Apr 2015 02:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11328

Actions (login required)

View Item View Item