This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wahyuni, Lailatul (2013) EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN QOWAID BAHASA ARAB SISWA KELAS XI DI SMA AL ISLAM KRIAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (759kB) | Preview |
|
|
Text
daf.isi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (746kB) | Preview |
Abstract
Terpilihnya judul tersebut didasarkan atas asumsi bahwa qowaid bahasa Arab sangat penting untuk memahami teks Arab. Namun, kebanyakan pengajaran qowaid bahasa arab kurang aplikatif terlebih bagi pemula, sehingga siswa menganggap bahwa pengajaran bahasa Arab sangat sulit. Berbeda jika pengajaran bahasa Arab yang diselenggarakan secara menarik dan disesuaikan dengan kemampuan siswa. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran Inquiry Discovery. Dengan pembelajaran ini siswa diajak langsung aktif dalam menemukan dan merumuskan informasi yang mereka peroleh. Sehingga mereka tidak sekedar menghafal kaidah bahasa namun benar-benar memahami serta mampu menerapkan qowaid yang telah mereka pelajari. Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Inquiry-Discovery, bagaimana pemahaman qowaid siswa kelas XI di SMA Al Islam Krian, serta bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran Inquiry Discovery untuk meningkatkan pemahaman qowaid siswa kelas XI di SMA Al Islam Krian Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan tingkat pemahaman qowaid bahasa Arab siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran Inquiry Discovery di kelas XI di SMA Al Islam Krian. Sedangkan metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Uji Coba, Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Angket dengan menggunakan analisis rumus prosentasi untuk mengetahui tingkat pengaruh dari model pembelajaran Inquiry Discovery (Variabel X) dan tingkat pemahaman qowaid bahasa Arab siswa (variabel Y). Sedangkan rumus T-Test dengan mengunakan SPSS diterapkan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari penerapan model pembelajaran Inquiry Discovery terhadap peningkatan pemahaman qowaid bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya efektifitas penerapan model pembelajaran Inquiry Discovery untuk meningkatkan pemahaman qowaid siswa kelas XI di SMA Al Islam Krian. Hal ini dapat dilihat dari nilai Uji T lebih dari nilai T-tabel (-2,021 -18,984), yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Muhammad A. Nadjib | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Model Pembelajaran Inquiry Discovery; Pemahaman Qowaid Bahasa Arab | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2014 | ||||||
Last Modified: | 08 Apr 2015 02:19 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11328 |
Actions (login required)
View Item |