تحليل الكتاب المقرر "ماهر في اللغة العربية" للمدرسة المتوسطة الإسلامية: دراسة تحليلية محتوى الكتاب

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Laily Nurul (2017) تحليل الكتاب المقرر "ماهر في اللغة العربية" للمدرسة المتوسطة الإسلامية: دراسة تحليلية محتوى الكتاب. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (496kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (458kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (530kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (577kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (459kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (551kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (481kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (505kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku teks bahasa Arab sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Arab ditinjau dari beberapa teori penyusunan bahan ajar dan mengetahui gambaran umum materi bahan ajar Pintar Berbahasa Arab, serta mengetahui aspek penilaian penyajian isi buku, penggunaan bahasa dan rancangan buku sesuai dengan standar mutu buku. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan analisis isi (Content Analysis) atau analisis deskripsi (Description Analysis) dalam menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar Pintar Berbahasa Arab telah memenuhi kriteria bahan ajar yang baik menurut teori Masnur Muslich dari segi kelayakan materi yaitu telah sesuai dengan landasan keilmuan yang meliputi: keakuratan materi, cakupan materi, dan pendukung materi. Bahan ajar tersebut telah memenuhi kriteria standar mutu bahan ajar yang baim dari segi aspek penilaian kelayakan penyajian, karena dalam penyusunan materinya yang sesuai dengan teknik penyajian berupa sistematika penyajian, keruntutan penyajian, keseimbangan antar-bab, begitu pula dengan penyajian pembelajaran dan kelengkapan penyajian. Aspek penilaian kelayakan bahasa yang baik, materi disajikan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, kekomunikativan, dan keterpaduan alur berfikir. Aspek penilaian kelayakan rancangan buku (kegrafikan) yang baik, menggunakan ukuran standar buku yang sesuai, desain kulit buku (cover) yang menarik, desain isi buku yang sesuai standar mutu bahan ajar yang baik meliputi pencerminan isi buku, keharmonisan tata letak, kelengkapan tata letak, daya pemahaman tata letak, tipografi isi buku, dan ilustrasi isi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Laily Nurullailyalhabsyi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Sumber Belajar
Keywords: Buku ajar; Madrasah Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hidayah Laily Nurul
Date Deposited: 15 Nov 2017 08:54
Last Modified: 15 Nov 2017 08:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21390

Actions (login required)

View Item View Item