This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Faisal, Mochammad Yusuf (2017) إعداد كراسة التدريبات لمادة تعليم اللغة العربية لطلاب الصف السادس الابتدائي:البحث والتطوير في المدرسة الابتدائية يامسطا سورابايا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (682kB) | Preview |
|
Text
Abstrak.pdf Download (485kB) |
||
Text
Daftar Isi.pdf Download (415kB) |
||
Text
Bab 1.pdf Download (718kB) |
||
Text
Bab 2.pdf Download (906kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Download (807kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) |
||
Text
Bab 5.pdf Download (502kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (507kB) |
Abstract
Bahasa arab merupakan salah satu bahasa sarana untuk berkomunikasi antar sesama. Bahasa merupakan kebutuhan sosial untuk mentransfer gagasan atau ide orang lain dalam tempat dan waktu kapanpun. Maka penting bagi siswa untuk menguasai keterampilan berbahasa arab. Setelah melakukan observasi langsung di kelas 6 Sekolah Dasar Yamastho, penulis mendapati bahwa keterampilan berbahasa arab siswa sangat lemah. Dan untuk mengembangkannya siswa membutuhkan latihan terus menerus. Maka untuk mengatasi masalah ini penulis menyusun buku pendamping berupa buku Lembar Kerja Siswa agar dapat digunakan untuk mengasah dan meningkatkan keterampilan berbahasa siswa dengan latihan-latihan yang telah disediakan di dalamnya. Adapun fokus masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana proses penyusunan buku lembar kerja siswa materi ajar bahasa arab untuk siswa kelas VI di sekolah dasar Yamastho Surabaya? 2. Bagaimana implementasi buku lembar kerja siswa materi ajar bahasa arab untuk siswa kelas VI di sekolah dasar Yamastho Surabaya? 3. Bagaimana efektifitas buku lembar kerja siswa materi ajar bahasa arab untuk siswa kelas VI di sekolah dasar Yamastho Surabaya? Tujuan dari penelitian ini adalah mengarah pada tiga hal : 1. Untuk mengetahui proses penyusunan buku lembar kerja siswa materi ajara bahasa arab siswa kelas VI SD Yamastho, 2. Untuk mengetahui penerapan buku lembar kerja siswa materi ajar bahasa arab, 3. Untuk mengetahui efektifitas penggunaan buku lembar kerja siswa materi ajar bahasa arab. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan prosedur penelitian pengembangan kualitatif. dengan desain penelitian yaitu: 1. analisis kebutuhan 2. desain pembelajaran 3. desain pengembangan 4. uji coba 5. Evaluasi produk. Dalam penentuan efektifitasnya peneliti menggunakan Pretest-Posttest One Group dengan menunjuk seluruh siswa kelas VI A sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah: tes, wawancara, observasi, dan angket. Temuan penelitian ini bila dilihat dari hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1. Meningkatnya rasa percaya diri siswa-siswi dalam kemampuan berbahasa arab setelah menggunakan buku LKS 2. langkah-langkah pembelajaran menggunakan buku LKS ini di awali dengan pengenalan kosakata baru dan latihan-latihan 3. tingkat efektifitas dapat dilihat uji-t (statistik) terhadap hasil pre-tes dan post-tes, hasil dari harga kritik “t” pada signifikansi 5% adalah 2.05 dan 1% adalah 2.77 pada jumlah df/db 27. Sedangkan hasil dari perhitungan rumus “t tes” adalah 17,23
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bahasa Arab Bahasa Arab > Tata Bahasa |
||||||
Keywords: | buku lembar kerja Siswa; Bahasa Arab | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Mochammad Yusuf Faisal | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2017 03:16 | ||||||
Last Modified: | 16 Aug 2017 03:16 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18916 |
Actions (login required)
View Item |