تغييرات الوزن العروضي و القوافي في شعر"البدرية" للشيخ علي منصور الصديقي: دراسة تحليلية أدبية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suhermanto, Ahmad (2017) تغييرات الوزن العروضي و القوافي في شعر"البدرية" للشيخ علي منصور الصديقي: دراسة تحليلية أدبية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (820kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (558kB) | Preview

Abstract

Dalam pembahasan skripsi ini, penulis fokus pada dua permasalahan (i) Apa wazan arudl dalam syair “al-Badriyah” dan perubahannya” ?, (ii) Apa unsur-unsur Rima (al-Qofiyah) dalam syair badriyah” ?Munculnya permasalahan diatas karena banyak sekali masyarakat yang tau dan hafal syair “Al-Badriyah” tersebut, akan tetapi dalam segi ilmu arudl dan qowafi belum mengetahui, maka dari itu penulis mengangkat permasalahan ini untuk dibahas dari sudut pandang ilmu arudl dan qowafi, dengan tujuan yang pertama yaitu untuk mengetahui wazan arudl dalam syair “al-Badriyah” dan perubahannya”, yang kedua yaitu untuk mengetahui unsur-unsur Rima (al-Qofiyah) dalam syair badriyah”. Kemudian pendekatan yang digunakan peneliti dalam membahas permasalahan tersebut adalah pendekatan analisis sastra dengan metode analisis deskriptif, yaitu dengan menggunakan teori ilmu arudl dan qofiyah. Langkah-langkah yang dilakukan peneliti yaitu mengalisis syair-syair kemudian menentukan wazan arudl dan perubahannya serta menentukan qofiyahnya.Hasilnya dalam penelitian peneliti menemukan bahwa:1.Irama (wazan) arudl 1)Wazan yang terdapat dalam syair al-Badriyah karya KH Ali Mansur As-Shiddiqi yaitu menggunakan bahar wafir maj’zuah shohihah:مفاعلتن مفاعلتن فعولن # مفاعلتن مفاعلتن فعولنmaka menjadi: مفاعلتن مفاعلتن # مفاعلتن مفاعلتن2)Bentuk perubahan yang terjadi pada beberapa bait syair al-Badriyah diantaranya: a.Karena kemasukan zihaf yang berupa ‘Ashab (عصب) seperti pada bait: 1, 2, 3, 5, 6, 13, 14, 15, 17, 18, 20, 22, 25, 26b. Karena kemasukan illat yang berupa Qasham ((قصم pada bait: 16Dan pada bait 8 dan 28 yang kemasukan illat jamam (جمم) 2. Qafiyah (rima/ kata terakhir pada bait syair yang dihitung mulai dari dua huruf mati yang terakhir sampai huruf hidup sesudah huruf mati tersebut) yang terdapat pada syair al-Badriyah karya KH Ali Mansur As-Shiddiqi sebagai berikut:1) Kalimat qofiyah: a.) Satu kata dan sebagian (كلمة وبعض أخرى), b.) Satu kata (كلمة واحدة), c.) Sebagian kata (بعض الكلمة) d.) Dua kata (كلمتان). 2) Huruf qofiyah: a.) Rowi, huruf (اللام), Huruf (الميم), Huruf (الراء), Huruf (الباء), Huruf (الدال), Huruf (التاء), Huruf (النون), Huruf (الفاء), b.) Washal, huruf (الألف), Huruf (الياء), Huruf (ـهْ), c.) Ridif, huruf (الألف).3)Harakat qofiyah : a.) Ras, b.) Isyba’, c.) Hadzwu, d.) Taujih, e.) Mujra,4)Macam-macam qofiyah: a.) Qofiyah Muthlaqah yang sunyi dari huruf yang bersambung dengan huruf layyinah (Ta’sis dan Ridif), b.) Qofiyah Muthlaqah Mardufah, c.) Qofiyah Muthlaqah Mu’assasah.5) Aib-aib qofiyah : a.) Itha’ (mengulang-ulang rawi, baik dari segi lafal dan artinya) seperti lafal (الله), 6) Nama-nama qofiyah: a.) Mutawatir

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suhermanto, Ahmadsuhermanto687@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Adab
Puisi
Keywords: perubahan wazan arudl dan qowafi; syair al-badriyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Suhermanto Ahmad
Date Deposited: 01 Aug 2017 02:51
Last Modified: 01 Aug 2017 02:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17945

Actions (login required)

View Item View Item