EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING (CERDAS CERMAT) UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS DIKELAS 8 MTs ASY SYAFI’IYAH PAKAL BENOWO SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'mah, Farihatun (2015) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING (CERDAS CERMAT) UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS DIKELAS 8 MTs ASY SYAFI’IYAH PAKAL BENOWO SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (982kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Terpilihnya judul ini didasarkan atas asumsi bahwa metode active learning (cerdas cermat) bertujuan agar siswa dapat bekerja sama dan menambah semangat ketrampilan menulisnya. media ini cocok untuk mengajarkan kecepatan dan ketepatan
menulis. Misalnya, menulis kalimat sesuai gambar, membuat kalimat pendek dengan kata acak, membedakan huruf jar, jazm, dll.
Adapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana penggunaan metode active learning (cerdas cermat)2. Bagaimana maharah kitabah dalam pembelajaran bahasa arab 3. Bagaimana efektivitas penggunaan metode active learning (cerdas cermat)dalam meningkatkan maharah kitabah.
Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan “t-tes” dan prosentasi. Adapun metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan analisis data. Dari hasil tes yang diuji dengan perhitungan statistik diperoleh data mean pre tes = 6,57 dan post tes =7,90 serta T hitngnya= 3,69. Dari hasil tersebut di simpulkan bahwa T hitung lebih besar dari T tabel ( 2,09<3,69>2,84 ), maka Ho ditolak dan Ha diterima
artinya terdapat peningkatan kemampuan menulis. Jadi, terdapat pengaruh media permainan “cerdas cermat” untuk kemampuan menulis pada siswa kelas 8 di MTs Asy Syafi’iyah Pakal Benowo Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'mah, FarihatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Active Learning; Cerdas Cermat; Ketrampilan Menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 24 Nov 2015 09:39
Last Modified: 24 Nov 2015 09:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2863

Actions (login required)

View Item View Item