HUBUNGAN ANTARA METODE DEBAT AKTIF TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TASBIH DIPONDOK PESANTREN SABILIL MUTTAQIN LO CERET NGANJUK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Rochmatul (2009) HUBUNGAN ANTARA METODE DEBAT AKTIF TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TASBIH DIPONDOK PESANTREN SABILIL MUTTAQIN LO CERET NGANJUK. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Pondok pesantren sabilil muttaqin merupakan salah satu pondok yang mengutamakan ilmu – ilmu agama, serta ilmu yang yang terkait denganya, diantaranya adalah ilmu balagoh yaitu ilmu yang mempelajari tentang pemahaman makna dengan ucapan serta susunan yang jelas, yang mana dalam pembahasan ilmu tersebut terdapat bahasan tentang tasbih yaitu adanya kesamaan di dua perkara baik berupa sifat atau yang lainnya. Dalam menjalan kan proses belajar mengajar Pondok pesantren sabilil muttaqin menggunakan beberapa metode diantaranya adalah metode belajar debat aktif yaitu proses belajar mengajar lewat proses Tanya jawab baik antara siswa ataupun siswa dengan guru.
Dari latar belakang diatas penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dalam penulisan skripsi dengan judul: Hubungan antara metode debat aktif terhadap peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran tasbih dipondok pesantren sabilil muttaqin lo ceret nganjuk.
Dalam penelitian ini penulis mengambil siswa pondok pesantren pesantren sabilil muttaqin lo ceret nganjuk sebagai sunyek penelitian ysng kemudian ditarik sampelnya secra random sebanyak 20 % dari keseluruhan santri.
Berdasarkan data yang telah di peroleh baik dari wawancara, dokumentasi, angket, maupun observasi menunjukan adanya Hubungan antara metode debat aktif terhadap peningkatan minat belajar siswa dalam belajar tasbih dipondok pesantren sabilil muttaqin loceret nganjuk.
Untuk dapat menyimpulkan hasil yang dikehendaki, penulis menggunakan uji statistic product moment untuk menganalisis data yang ada. Hasilnya terdapat pengaruh yang positif Hubungan antara metode debat aktif terhadap peningkatan minat belajar siswa dalam belajar tasbih dipondok pesantren sabilil muttaqin lo ceret nganjuk.
Dalam akhir penulisan skripsi ini, penulis juga memaparkan beberapa saran untuk guru-guru dan siswa-siswi yang ada di pondok pesantren dipondok pesantren sabilil muttaqin lo ceret nganjuk agar benar mempersiapkan bahan-bahan mata pelajaran yang akan perdebatankan secara maksimal, optimal dan mencari referensi yang sebanyak banyaknya, terlebih-lebih pada pembahasan yang didalamnya ada perselisihan dan perbedaan, agar bisa menghasilkan suatu yang garis diharapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, Rochmatul-D02304070
Subjects: Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Keywords: Metode Debat Aktif; Pembelajaran Tasbih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2009
Last Modified: 22 Jun 2021 07:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8024

Actions (login required)

View Item View Item