This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ilhamuddin, Harisul Mafaz (2016) TATBIQ THORIQAH (PEERTEACHING) LI TARQIYAH AL KITABAH LI THULAB AL SHAFF AL SADIS FI MADRASAH BAHRUL HUDA AL IBTIDAIYAH KARANG TANJUNG CANDI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (641kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (653kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (841kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (399kB) | Preview |
Abstract
Dengan dilatar belakangi oleh Temuan penulis di MI Bahrul Huda setidaknya menjadi bukti nyata dari apa yang diyakini Silberman. Data hasil belajar siswa kelas VI semester I menunjukkan sebanyak 513 dari 52 peserta didik yang memperoleh nilai di atas 01, selebihnya berada dibawah angka tersebut. Masalah yang diteliti adalah Bagaimanakah Penerapan Metode peer teaching untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas 2 di MI Bahrul Huda Karang Tanjung Candi Sidoarjo. Tujuan yang hendak dicapai adalah: Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode peer teaching untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas 2 di MI Bahrul Huda Karangtanjung Candi Sidoarjo. penelitian ini masuk dalam kategori penelitian tindakan kelas (class room action research) yang berbasis siklus pembelajaran pra siklus, siklus I dan Siklus II. Data kualitatif hasil observasi dan refleksi dianalisis melalui interpretative understanding dan hasilnya dideskripsikan secara mendalam. Data kuantitatif hasil tes dianalisis dengan statistik untuk melihat adanya peningkatan hasil pembelajaran. Penerapan metode peerteaching guna meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VI di MI Bahrul Huda Candi Sidoarjo meliputi tindakan-tindakan sebagai berikut: Persiapan yang meliputi; Siswa diberi tugas menulis dengan dirangkai beberapa kata bahasa arab yang dipisah, hasil tulisan dari siswa diperiksa oleh guru, guru menunjukkan nilai dari tulisan siswa, guru mengajak siswa untuk membenahi tulisan yang salah, guru memilih empat siswa yang paling baik dan benar tulisan arabnya untuk mengajari teman siswa yang lain dalam proses pembelajaran metode peerteaching. Penerapan yang meliputi; Siswa sebagai volunteers teacher melaksanakan tugasnya dengan melakukan tindakan tindakan yang meliputi; Siswa yang dipilih sebagai volunteers teacher melakukan kegiatan pra pembelajaran untuk membuat siswa siap belajar, Siswa volunteers teacher melakukan kegiatan inti pembelajaran dengan melakukan pengusaan materi melalui penyampaian materi dengan jelas sesuai dengan hirarki belajar melalui kegiatan; menjelaskan cara menulis arab yang baik dan benar, mencontohkan menulis arab dengan baik dan benar, menyuruh teman siswanya untuk mencoba menulis seperti yang dicontohkannya, dan siswa melakukan penutupan pembelajaran dengan baik dan berkesan. Diakhir pembahasan disimpulkan bahwa guru menunjukkan nilai dan menyampaikan hasil memantau dengan akurat setiap proses pembelajaran dan memberikan solusi dengan tepat terhadap permasalahan pembelajaran. setelah siswa melakukan penutupan pembelajaran untuk dijadikan perbaikan bagi volunteers teacher selanjutnya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Penerapan Pembelajaran; Simulasi; peerteaching; Peningkatan kemampuan menulis | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2016 01:27 | ||||||
Last Modified: | 13 Oct 2016 01:27 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14090 |
Actions (login required)
View Item |