Fa’aliyah tatbiq namudhaj al-ta’lim akik : aktif, kreatif, inspiratif, dan komunikatif litarqiyah maharah al-kalam li tulab fi al-fasl al-sabi’ “E” bi al-madrasah al-mutawassitah al-hukumiyah 1 Ngimbang Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawati, Lita (2017) Fa’aliyah tatbiq namudhaj al-ta’lim akik : aktif, kreatif, inspiratif, dan komunikatif litarqiyah maharah al-kalam li tulab fi al-fasl al-sabi’ “E” bi al-madrasah al-mutawassitah al-hukumiyah 1 Ngimbang Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (741kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (749kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (498kB)

Abstract

Terpilihnya judul tersebut dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan berbicara pada mata pelajaran bahasa Arab. Hal ini disebabkan karena pengajar atau guru hanya fokus pada materi menulis dan membaca sehingga siswa-siswa sangat kurang dalam kemampuan berbicara bahasa Arab. Maka untuk meningkatkan kemampuan berbicara mereka saya mencoba untuk menerapkan Model Pembelajaran AKIK (Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif ). Model pembelajaran ini sangat terfokus pada empak hal tersebut. Aktif yang berarti pembelajaran yang mampu membuat peserta didik bekerja mencari pengetahuannya sendiri. Kreatif yang berati pembelajaran yang memberi kesempatan peserta didik untuk merancang, membuat berkreasi melalui karya baik lisan maupun tertulis. Inspiratif yang berarti pembelajaran yang mampu memberikan pengalaman bermakna dan berkesan bagi peserta didik sehingga menginspirasi untuk mengembangkan rasa ingin tahunya serta mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Komunikatif yang berarti pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan tanya jawab, mengungkapkan pendapat, serta mempresentasikan hasil belajar peserta didik. Adapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1. Bagaimana kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara dikelas VII “E” di SMPN 1 Ngimbang Lamongan?, 2. Bagaimana penerapan Model Pembelajaran AKIK (Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif ) untuk meningkatkan keterampilan berbicara di kelas VII “E” SMPN 1 Ngimbang Lamongan?, 3. Bagaimana efektifitas penerapan Model Pembelajaran AKIK (Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif ) untuk meningkatkan keterampilan berbicara di kelas VII “E” SMPN 1 Ngimbang Lamongan?. Dalam permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan uji T dan prosentase. Adapun metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket, tes dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran AKIK (Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif ) efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara di kelas VII “E” SMPN 1 Ngimbang Lamongan dalam pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan prestasi nilai siswa sebelum penggunaan model AKIK 63 % dan sesudah penggunaan model pembelajaran AKIK 74 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawati, Litalitakurniawati016@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Kurniawati Lita
Date Deposited: 10 Aug 2017 03:03
Last Modified: 10 Aug 2017 03:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19074

Actions (login required)

View Item View Item